Implementasi ekonomi syariah di wilayah Pati dirasa belum optimal oleh para aktivis Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pati khususnya terkait dengan pemahaman dan pelaksanaan aturan antar lembaga seperti DSN MUI Pusat dan daerah. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang mendukung agar ekonomi syariah dapat diimplementasikan dengan baik dan masyarakat sadar akan ekonomi syariah. Selain itu, keberadaan lembaga MES Pati juga diupayakan menjalin kerjasama yang lebih luas dengan berbagai pihak khususnya dengan lembaga keuangan dan praktisi perbankan syariah.

Berangkat dari hal ini, MES Pati melakukan rapat kerja daerah (Rakerda) antar semua jajaran dengan tujuan menetapkan program jangka pendek dan panjang yang dapat diprioritaskan ke depan (22/2/2016). Mumu Mubarak, S.S., M.EI, selaku Ketua MES Pati mengungkapkan bahwa ada banyak agenda yang dapat dilakukan MES Pati selama masa kepengurusannya nanti sampai tahun 2018. Ia menjelaskan beberapa divisi kelembagaan yang nantinya diproyeksikan menjalankan program sesuai bidangnya.

Rakerda yang berlangsung di Pati ini dihadiri berbagai pejabat struktural MES Pati meliputi divisi dewan pakar, divisi penelitian dan pengembangan, divisi humas, divisi pengembangan ekonomi keuangan dan non keuangan, dan anggota yang lain.

Setelah membahas berbagai usulan dari para pengurus, beberapa agenda penting telah disepakati yaitu program jangka pendek yang harus diupayakan berjalan efektif dan menjangkau masyarakat dan lembaga di wilayah Pati. Program ini meliputi audiensi dengan para stake holder di Pati dan memperkuat kemitraan dengan berbagai lembaga keuangan syariah di Pati.

Agenda ini dimaksudkan untuk menyikapi berbagai perkembangan dan persoalan ekonomi di Pati serta mensinkronkan implementasi kebijakan perbankan syariah yang belum dipahami secara seragam antara pusat dengan daerah. Sinkronisasi antar lembaga ini perlu agar pemahaman dan kebijakan yang diambil oleh masing-masing lembaga tidak tumpang tindih dan dapat berjalan dengan baik.


Agenda lain yang menjadi prioritas adalah mengadakan pengajian syariah yang dilakukan di berbagai forum masyarakat. Harapannya hal ini selain dapat mengedukasi masyarakat tentang wawasan ekonomi syariah juga untuk memperkuat jaringan lembaga MES Pati di tengah masyarakat. Program publikasi online juga menjadi program jangka pendek yang akan dibuat berupa pembuatan website resmi MES Pati untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.
Share To:

Post A Comment: