Wawasan tentang keuangan dan perbankan syariah terus digemakan oleh para aktivis prodi Perbankan Syariah IPMAFA. Mereka sukses menyelenggarakan Sharia Economic Events Day (SEED) sebagai forum edukasi dan literasi sistem perbankan syariah di Indonesia (15/5/2017). Forum tersebut bertempat di auditorium kampus IPMAFA dan diikuti oleh siswa-siswi SMA, MA dan SMK se-Kabupaten Pati
Forum yang bertemakan “Temu Ilmiah SMK/SMA/MA se Kabupaten Pati Dalam Lomba Cerdas Cermat” itu merupakan acara inti dalam rangkaian acara Sharia Economic Events Day (SEED). SEED sendiri diprakarsai dan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syaria’ah (HMPS PS) dengan menggandeng Kelompok Studi Ekonomi Islam Study and Training Islamic Economic Forum (KSEI STIEF).
Selain sebagai forum edukasi, SEED bertujuan untuk menjalin ukhuwah antara mahasiswa Program Studi Perbankan Syari’ah dengan siswa SMA/MA/SMK se-Kabupaten Pati dan membumikan Ekonomi Islam di kalangan pelajar tingkat sekolah menengah atas.
Membumikan Ekonomi Syariah tentu menjadi bagian tak terpisahkan dari dakwah Islam. Tetapi tidak seperti kebanyakan dakwah pada umumnya, dakwah terkait penanaman nilai ekopnomi syariah dikemas secara ilmiah dan fokus bahasannya dalam bidang Ekonomi.
Dalam pelaksanaanya, LCC diikuti oleh 11 tim dari SMA, MA dan SMK se-Kabupaten Pati dan terdiri dari tiga tahap. Pertama, tahap penyisihan dengan konsep ujian tertulis. Dalam tahap ini masing-masing anggota tim mengerjakan soal secara individu secara terpisah di ruang 310, 312, dan 314 gedung IPMAFA. Babak ini terdiri dari 50 butir soal yang dikerjakan dalam waktu 90 menit.
Kedua, tahap semi final. Tahap ini bertempat di auditorium dan dilaksanakan dengan konsep cerdas cermat yang diikuti oleh 5 tim dengan nilai komulatif tertinggi dari masing-masing anggota tim pada dari tahap penyisihan. Tim yang lolos ke tahap ini adalah MA Salafiyah Kajen, MAN 2 Tayu, SMA PGRI 1 Pati, MA Miftahul Huda Tayu, dan MA I’anatut Thalibin Cebolek.
Ketiga, tahap final. Tahap ini terdiri 10 soal rebutan dengan nilai trivial. 3 tim dengan nilai tertinggi yang lolos ke babak ini adalah MA Salafiyah Kajen, SMA PGRI 1 Pati, dan MA Miftahul Huda Tayu.
Share To:

Post A Comment: