Pati. Selasa (12/06/2017) Tutik Nurul Jannah MH selaku Dosen Perbankan Syariah (PS) IPMAFA mengisi acara talkshow di Radio PAS FM Pati. Acara talkshow ini terselenggara atas kerjasama antara Panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) IPMAFA 2017 dengan Radio PAS FM Pati. Bentuk kerjasama ini adalah berupa mengisi talkshow setiap hari selasa dan kamis selama Bulan Suci Ramadhan 1438 H.

Pada kesempatan ketujuh dihari selasa minggu keempat di Bulan Suci Ramadhan, Tutik Nurul Jannah, MH mengisi talkshow dengan tema hidup nyaman dengan rezeki yang halal. Tema ini diambil guna memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dalam mencari rezeki lebih mengutamakan cara yang baik dan lebih mengutamakan yang halal, dan pada bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk hijrah.

Acara talkshow yang dipandu oleh Ari Fanili dimulai pukul 09.00 WIB, dan pada kesempatan tersebut Tutik Nurul Jannah mengawalinya dengan menjelaskan bahwa efek dari rezeki yang halal bisa menjadikan keluarga menjadi berkah, bisa membawa putra-putri menjadi anak yang sholeh-sholehah, dan sebaliknya. “Ujar Pengurus Fatayat PC Fatayat Kab. Pati”.

Lebih lanjut, Pengasuh Pesilba Kajen ini menambahkan untuk mendapatkan rezeki  manusia harus mau bekerja keras, mengingat rezeki itu harus dijemput, hanya saja prinsip utamanya harus lebih hati-hati lagi jangan sampai bercampur dengan yang syubhat, apalagi yang haram. Untuk itulah, selain kerja keras manusia harus mau berdoa, bisa melalui shalat dhuha atau membaca surat waqiah, lantaran keduanya sebenarnya membawa energi positif kepada seseorang agar bisa lebih semangat dan berkah.

Sebagai penutup, peneliti di Fiqih Sosial Institut ini menegaskan bahwa saat ini banyak sekali argumen-argumen yang menyesatkan di tengah-tengah masyarakat yang harus diantisipasi, seperti mencari rezeki yang haram saja susah apalagi yang halal. Hal semacam itu sepatutnya jangan sampai dipercayai, karena jelas tidak mendasar. Masyarakat juga jangan sampai hanya menganggap rezeki itu sama dengan uang, karena kalau berbicara rezeki itu luas. Diberi kesehatan itu rezeki, diberi keselamatan selama perjalanan itu rezeki, keluarga yang tentram itu sakinah, dan lain sebagainya.  “Tutupnya”.


Dengan pembahasan yang menarik tersebut, membuat pada sesi tanya jawab banyak masyarakat yang menanyakan pertanyaan-pertanyaan unik, semisal cara mendapatkan rezeki yang banyak, hukum penglaris, amalan supaya dagangan laris, dan sebagainya. Karena terbatasnya waktu, pada jam 10.00 WIB acara talkshow harus diakhiri, meskipun pertanyaan dari pendengar Radio Pas FM terus berdatangan. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti jalannya talkshow kerjasama antara IPMAFA dengan Radio PAS FM dapat disimak di 101.00 FM jam 09.00-10.00 wib setiap hari selasa dan kamis selama bulan suci ramadhan 1438 H.
Share To:

Post A Comment: