Header Ads

Header Ads

NGALAP BERKAH BULAN RAMADHAN; PRODI PERBANKAN SYARIAH IPMAFA GELAR NGAJI FIKIH MUAMALAH EKONOMI ISLAM


 

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, segala amal memiliki keistimewaan pahala bagi yang menjalankannya. Puasa yang diselenggarakan pada Bulan Ramadhan tidak seyogyanya menurunkan semangat belajar, Puasa Ramadhan justru harus digunakan untuk meningkatkan semangat beramal termasuk meningkatkan semangat belajar.

Puasa Ramadhan Tahun 1442 H ini, dalam rangka ngalap barokah Bulan Ramadhan dan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam keilmuan Fikih Muamalah, Program Studi Perbankan Syariah IPMAFA menyelenggarakan Ngaji Ramadhan spesial tema Fikih Muamalah Ekonomi Islam. Ngaji ini dijadwalkan selama 4 kali pertemuan di Bulan Ramadhan yaitu Pertemuan 1 dengan tema “Dasar-Dasar Fikih Muamalah Kontemporer” Jum’at Ke 1 Bulan Ramadhan (Jum’at, 16 April 2021/4 Romadhon 1442); Pertemuan 2 dengan tema : “Kaidah Fikih Perbankan Syari'ah” Jum’at Ke 2 Bulan Ramadhan (Jum’at, 23 April 2021/11 Romadhon 1442; Pertemuan 3 dengan tema “Implementasi Fikih Perbankan Syari'ah” Jadwal Jum’at Ke 3 Bulan Ramadhan (Jum’at, 30 April 2021/18 Romadhon 1442) dan Pertemuan 4 dengan temaFikih Akuntansi Syari'ah” Jum’at Ke 4 Bulan Ramadhan (Jum’at, 07 Mei 2021/25 Romadhon 1442). Dari semua jadwal tersebut acara dimulai jam 09.00 s.d 11.00 WIB.

Ngaji Ramadhan Spesiap Tema Fikih Muamalah Ekonomi Islam ini diampu oleh dua narasumber yaitu Prof. Dr. Muhamad, M.Ag, CIRBC. dan Dr. A. Dimyati, M.Ag. Kedua narasumber yang akan mengisi Ngaji Ramadhan Spesial Tema Fikih Muamalah Ekonomi Islam ini merupakan Dosen Prodi Perbankan Syariah IPMAFA, selain itu kedua narasumber tersebut adalah pakar sekaligus praktisi perbankan syariah.  

Prof. Dr. Muhamad, M.Ag, CIRBC. merupakan Dewan Pakar MES dan IAEI Pusat, Dewan Pengawas Syariah di beberapa BPRS dan KSPPS di Yogyakarta, Ketua DMI Daerah Istimewa Yogyakarta, Ketua Forum Dewan Pengawas Syariah BPRS Se DIY Dan Solo, dan Penulis 122 Buku Ekonomi Islam.   Sedangkan Dr. A. Dimyati aktif sebagai Dewan Pengawas Syariah di PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati dan di beberapa KSPPS.

Program Ngaji Ramadhan spesial tema Fikih Mumalah Ekonomi Islam ini bertujuan untuk meningkatkan keilmuan mahasiswa dalam bidang Fikih Muamalah, selain ditujukan kepada mahasiswa kegiatan ini juga terbuka untuk umum dengan sistem penjaringan peserta melalui registrasi. Terhitung pendaftar yang telah registrasi sebanyak 120 peserta yang berasal bukan hanya dari mahawiswa internal IPMAFA, tetapi ada juga yang dari kampus sekitar seperti IAIN Kudus, UNDIP Semarang, Universitas Trunojoyo Madura, ITS Surabaya, STIE Bank BPD Jateng, STAI AL Husain Syubbanul Wathon Magelang, dan UMK.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dan istiqomah serta dapat mendorong peningkatan keilmuan Ekonomi Islam khususnya dalam rumpun keilmuan Fikih Muamalah. Dan semoga selanjutnya kegiatan-kegiatan ngaji seperti ini dapat dilanjutkan dengan seri spesial tema lainnya yang terkait dengan Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah.