Insitut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati menggelar wisuda ke IV Sabtu (19/12). Dalam prosesi itu, mewisuda 85 mahasiswa yang dipimpin oleh Rektor dan juga Ketua Senat IPMAFA KH. Abdul Ghofar Rozin. Dalam acara tersebut juga dihadiri Kopertais X Jawa Tengah Hasyim Muhammad.
Pada kegiatan itu mengangkat tema Pesantren Sebagai Pusat Perubahan Untuk Membangun Peradaban. Dengan tema tersebut dapat menunjukkan jika IPMAFA sebagai perguruan tinggi berbasis pesantren merupakan perguruan tinggi yang tepat untuk menimba ilmu.
“Basis akademiknya sangat memperhatikan keseimbangan antara ilmu dan agama melalui pengejawantahan nilai-nilai pesantren. Sehingga diharapkan lulusan IPMAFA yang sudah diwisuda dapat mengamalkan ilmu dan mengembangkan kemampuan dirinya dengan semangat nilai-nilai kesalehan social khas pesantren. Itu sesuai dengan visi IPMAFA yakni menjadi perguruan tinggi riset berbasis nilai-nilai pesantren,” kata Ketua Panitia Wisuda Ahmad Nur KHoliq.
Sementara itu, Rektor IPMAFA KH Abdul Ghofar Rozin mengungkapkan, dalam tujuh tahun terakhir, IPMAFA mampu menorehkan sejumlah pencapaian. Diantaranya, membangun sarana pendidikan dan pengajaran, memperluas mitra dari lembaga lain maupun masyarakat.
Selain itu, wewisuda empat angkatan dengan total 400 mahasiswa lebih, serta peningkatan dan perluasan hubungan kerjasama di level nasional maupun internasional. IPMAFA juga melakukan program pertukaran mahasiswa ke Jepang dan memenangkan sejumlah perlombaan di tingkat Jawa Tengah.
“Tahun ini kami mewisuda 85 mahasiswa dari tiga program studi (Prodi). Yakni Prodi Pengembangan Masyarakat Islam sebanyak 7 mahasiswa, Prodi Perbankan Syariah sebanyak 55 mahasiswa, dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab sebanyak 23 mahasiswa,” tuturnya.
Dari seluruh mahasiswa itu terdapat 10 lulusan terbaik. Tiga diantaranya adalah Rhani Fitriastuti dari Prodi Perbankan Syariah dengan IPK 3,67, Nur Alimmah dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab dengan IPK 3,66 dan Nadia Putri Fitriastuti dari Prodi Perbankan Syariah dengan IPK 3,65.
Kesepuluh lulusan terbaik akan mendapatkan beasiswa dari beberapa lembaga mitra IPMAFA sebagai bentuk apresiasi prestasi yang telah dicapai. Selain itu, terbaik satu langsung direkrut menjadi staff di IPMAFA. Hal ini merupakan bukti pengakuan dari lembaga Negara dan juga lembaga pemerintah atas keberadaan IPMAFA sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) yang mempunyai kredibilitas baik.
Sumber: Jawa Pos, 21 Desember 2015
Share To:

Post A Comment: