Edukasi tentang perbankan dan lembaga keuangan syariah selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Sebab sampai saat ini tidak sedikit masyarakat yang masih belum paham tentang penerapan perbankan syariah yang sebenarnya, bahkan cenderung dianggap sama dengan sistem perbankan konvensional. Pemahaman yang baik tentang perbankan syariah selain mendorong mereka bermuamalah sesuai nilai keislaman juga akan memahami bahwa lembaga keuangan syariah yang memberi manfaat yang banyak kepada masyarakat.

Menyikapi hal itu Mumu Mubarok MEI, Dosen Perbankan Syariah IPMAFA mengupasnya dalam Talkshow Ramadhan di Radio PAS FM Pati, Kamis (01/06/2017). Talkshow ini terselenggara atas kerjasama antara Panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) IPMAFA 2017 dengan Radio PAS FM Pati dan berlangsung setiap hari selasa dan kamis selama Bulan Suci Ramadhan 1438 H. Talkshow yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dipandu oleh Lensa Azelia dari PAS FM Pati.

Mumu memaparkan banyak hal tentang perbankan syariah sesuai tema yang diusung yaitu “Mengenal Perbankan Syariah”. Selain itu, paparannya bertujuan untuk lebih mengenalkan Prodi Perbankan Syariah IPMAFA dan lembaga keuangan syariah sebagai pilihan utama bagi masyarakat dalam bermuamalah.

Dalam kesempatan tersebut Mumu memulai penjelasan mengenai perbedaan antara Bank konvensional dan Bank Syariah dan menegaskan bahwa Bank Syariah adalah cara bagi kita untuk terhindar dari riba.

Lebih lanjut, menurut Mumu “Tidak mengherankan bila sekarang ini Bank-Bank konvensional beralih atau membuat Bank Syariah karena pelan tetapi pasti masyarakat sudah mulai trust dengan lembaga keuangan syariah, karena dinilai mampu membawa seseorang untuk bertransaksi dengan nilai-nilai Islam.

“Meskipun tidak dipungkiri, suara-suara masyarakat yang menyebut Bank Syariah tidak ada bedanya dengan bank konvensional, atau komentar-komentar negatif lainnya, itu semua merupakan masukan yang baik agar kami yang bergerak di Lembaga Keuangan Syariah bisa terus memperbaiki diri agar sesuai harapan masyarakat.” tutupnya.

Dengan paparan pembahasan yang menarik selama talkshow, membuat banyak masyarakat banyak bertanya dalam sesi tanya jawab. Tidak sedikit mereka ingin mendapatkan solusi terkait isu-isu perbankan syariah. Namun karena terbatasnya waktu, pada jam 10.00 WIB acara talkshow harus diakhiri.


Bagi mahasiswa dan masyarakat yang ingin mengikuti jalannya talkshow kerjasama antara IPMAFA dengan Radio PAS FM dapat disimak di 101.00 FM jam 09.00-10.00 wib setiap hari selasa dan kamis selama bulan suci ramadhan 1438 H.
Share To:

Post A Comment: