Purworejo, (18/10/2017) bertempat di kampus Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA), Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah (HMPS PS) mengadakan diskusi dengan tema “Industri Syariah dalam Menjawab Tantangan Ekonomi”.
Forum tersebut dihadiri mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah dari semester 3 dan semester 5, dan mahasiswa Prodi lain yang ingin turut serta menghidupkan diskusi ini. Dengan forum diskusi ini menjadikan para mahasiswa Prodi PS menjadi lebih terbuka dalam melihat berbagai sudut pandang tentang perkembangan Industri Syariah sekarang ini. Selain itu, mahasiswa akan lebih aktif dalam berdiskusi dan mampu mendorong terbangunnya iklim akademis di lingkungan kampus IPMAFA.
Dari diskusi tersebut disimpulkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan produk Halal Life Style. Oleh sebab itu, dari sisi ekonomi perlu lebih meninjau kembali akan regulasi, perspektif masyarakat, serta pengawasan dari lembaga terkait.


Sedangkan dari sisi sosial, terinspirasi dari fiqh sosial yang digagas Kyai Sahal Mahfudh, salah satu prinsip yang harus diterapkan adalah menjadikan fiqh sebagai etika sosial dan bukan sebagai hukum positif Negara. Etika tersebut dapat diterapkan dalam mengolah ekonomi dengan meninjau keseimbangan yang ada. Selain itu dari sisi pendidikan, para pegiat ekonomi syariah harus mempelajari apa yang telah disampaikan oleh Ulama, Kyai dan guru sehingga memiliki pijakan yang kuat. 



Share To:

Post A Comment: