Perencanaan bisnis yang baik menjadi salah satu skill yang dikuasai mahasiswa Prodi Perbankan Syariah. Dengan belajar business plan, mahasiswa akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis dan menjadi entrepreneur yang sukses di masa depan.

Oleh sebab itu Himpunan Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah (HMPS) Ipmafa menyelenggarakan kompetisi Business Plan dengan tema Creating Your Entrepreneurship Skills For a Better Future, Rabu (1/3/23). Dalam kompetisi tersebut, mahasiswa menyiapkan konsep yang merinci rencana bisnis termasuk analisis pasar, strategi pemasaran, rencana keuangan, dan tujuan bisnis yang ingin dicapai.

Ada lima nominasi yang lolos seleksi di meja panitia dengan beberapa kategori dan corak usaha seperti bisnis kuliner, cafetaria, aplikasi pembelajaran dan dunia desain grafis.

Peserta selain membuat proposal business plan yang baik harus mempresentasikannya di depan juri dengan elaborasi yang mendalam. Mahasiswa dituntut mampu menjelaskan prospek usaha dan analisa keuangannya seperti arus keuangan, biaya-biaya, dan sejauh mana suatu usaha mencapai BEP.

Terdapat 2 juri yang mengelaborasi setiap business plan karya para mahasiswa yaitu ibu Siti Nur Amiin dan Isyrokh Fuaidi. Keduanya merupakan dosen Prodi Perbankan Syariah yang memiliki concern pada pengembangan dan penguatan skill SDM berbasis wirausaha.