Pati, 28 Februari 2024, Pertengahan periode kepengurusan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah IPMAFA telah menyelenggarakan acara Sharing Session bersama Manajemen Program Studi dan Mahasiswa lintas angkatan. Hadir dalam acara tersebut Ketua Prodi Perbankan Syariah Khabib Solihin, S. E. Sy., MM., Sekretaris Prodi Fira Nadliratul Afrida, M. Pd. dan Kepala Bagian Kemahasiswaan IPMAFA Puji Lestari, M. Si. Sharing Session yang diselenggarakan tersebut mengusung tema “Suarakan Aspirasi Untuk Tingkatkan Prestasi dan Kualitas Edukasi”.

Acara Sharing session ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Prodi Perbankan Syari’ah IPMAFA mulai dari semester II, IV, VI, dan VIII. Acara ini diselenggarakan guna memperkuat silaturahim dan jaringan komunikasi antar mahasiswa dan manajemen Program Studi Perbankan Syariah. Ketua Program Studi Perbankan Syari’ah, Khabib Solihin menyampaikan berbagai informasi terkait dengan manajemen dan layanan administrasi program studi meliputi kedisiplinan dalam input KRS, fasilitas cuti akademik, serta maksimalisasi bimbingan dosen PA. Khabib juga menegaskan bahwa menjadi mahasiswa aktif kebutuhan untuk mengembangkan diri bukan hanya dengan cara kuliah di kelas, tetapi juga perlu ikut serta dalam kegiatan organisasi. Karena dengan menyibukkan diri dalam berbagai aktifitas termasuk organisasi maka mahasiswa akan lebih bisa memanfaatkan dan mengatur waktu secara disiplin. Bukan hanya itu beliau juga bahwa mahasiswa perlu meningkatkan 3 hal yaitu belajar, membaca, dan menulis. Karena 3 hal tersebut merupakan poin penting agar mahasiswa dapat mencapai target pembelajaran dan lulus dengan predikat dan kualitas yang baik. Khabib optimis bahwa Prodi Perbankan Syariah IPMAFA akan mempu menjadi Prodi yang unggul dengan kerjasama yang baik antara manajemen prodi, dosen, dan mahasiswa. Maka Khabib berharap agar mahasiswa ikut aktif dalam memberikan saran yang membangun serta memiliki rasa bangga terhadap program studi.

Setelah sambutan dan arahan dari Kaprodi, Fira Naddliratul Afrida, M.Pd. selaku Sekprodi Perbankan Syari’ah juga memberikan motifasi dan berbagai informasi kepada mahasiswa. Fira menyebutkan bahwa salah satu program Prodi Perbankan Syariah Tahun 2024 adalah membuat Risearch Center Perbankan Syariah. Research center ini dijadikan sebagai wadah mahsiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan skil penelitian. Di antara kegiatan yang akan dilakukan adalah memberikan pelatihan penelitian, penulisan artikel ilmiah yang baik, mengadakan projec riset yang nantinya akan sangat berguna untuk mahasiswa dalam mewujudkan penelitian yang berkualitas. Fira menegaskan bahwa riset merupakan salah satu unsur penting dalam dunia akademik, dengan adanya Research Center Perbankan Syariah diharapkan dapat menunjang pencapaian visi institusi yaitu sebagai Kampus Riset Berbasis Nilai-Nilai Pesantren.  

Selanjutnya Kepala Bagian Kemahasiswaan IPMAFA, Puji Lestari menyampaikan motivasi dan materi keorganisasian kepada mahasiswa. Puji menegaskan bahwa organisasi merupakan hal penting dalam dunia kemahasiswaan. Semua hal yang terdapat dalam organisasi merupakan pelajaran dan pengalaman berharga bagi mahasiswa yang belum tentu didapatkan dalam pembelajaran di kelas. Organisasi dapat melatih mahasiswa untuk berani berbicara menyampaikan pendapat di depan umum dan terbiasa untuk berinteraksi serta membangun jaringan. Selain itu beliau juga menyampaikan alur dan peraturan dalam pengajuan proposal kegiatan organisasi, beliau menegaskan bahwa menyusun proposal kegiatan yang baik, mengajukan dengan tepat, menyusun pertanggungjawaban pasca kegiatan merupakan hal penting yang harus diperhatikan agan sebuah organisasi dapat berjalan dengan maksimal. Tidak lupa Puji Lestari juga memberikan motivasi kepada semua mahasiswa perbankan syariah untuk aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di tingkat prodi, fakultas, maupun institut.

Acara yang ditutup tepat jam 11.30 ini berjalan dengan lancar dengan keaktifan peserta melalui berbagai pertanyaan, pendapat serta masukan. Semoga sharing session ini dapat dilakukan secara berkala dan menjadi wadah komunikasi dan jalinan silaturahim antara manajemen program studi, HMPS, dan Mahasiswa untuk menuju Program Studi Perbankan Syariah yang Unggul. (Nafisatul Ulfati/Media HMPS PS)