Senin, 12 Februari 2024 bertempat di Ruang Meeting Lantai 1 IPMAFA, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IPMAFA mengadakan Workshop Renstra Fakultas. Workshop ini diikuti oleh dua program studi yang ada di bawahnya, yakni Prodi Perbankan Syariah dan Prodi Zakat dan Wakaf. Dalam workhsop yang diadakan oleh fakultas tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Umdatul Baroroh, Wakil Rektor I Bidang Akademik IPMAFA Dr. A. Dimyati, Kepala Biro Imam Adzroi, Staf Sekertaris Rektorat, Kaprodi dan Sekprodi Perbankan Syariah, serta Kaprodi dan Sepkrodi Zakat Wakaf. Selain itu acara ini juga menghadirkan narasumber eksternal yaitu Mumu Mubarok (Direktur Utama PT. BPRS Artha Mas Abadi).

Acara yang dimulai jam 08.00 WIB tersebut dibuka dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Umdatul Baroroh. Dalam sambutannya Umdah menyampaikan bahwa renstra merupakan salah satu poin penting dalam penyusunan program kerja, dari renstra kemudian diturunkan menjadi program dan kegiatan tahunan yang ideal dan berkualitas untuk masing-masing program studi. Selanjutnya Umdah menjelaskan bahwa untuk menyusun renstra fakultas yang baik kegiatan workshop ini sangat penting dilakukan. Arahan dari Wakil Rektor Bidang Akdemik juga sangat dibutuhkan untuk memandu dalam penyusunan renstra yang berkualitas. Bukan hanya itu, Umdah juga menyampaikan bahwa hadirnya Mumu Mubarok (Direktur PT. BPRS Artha Mas Abadi) sangat dibutuhkan untuk menyampaikan analisis eksternal terkait dengan peluang serta tantangan industri ekonomi syariah di lapangan terutama dalam bidang Perbankan Syariah dan Zakat Wakaf.

Setelah sambutan Dekan Fakultas, acara dilanjutkan dengan arahan dari Wakil Rektor I Bidang Akademik IPMAFA. Dr. A. Dimyati membuka sambutannya dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yang telah memfasilitasi workshop ini. Selanjutnya Dr. A. Dimyati menjelaskan bahwa berbicara tentang renstra, IPMAFA memiliki RIP (Rencana Induk Pengembangan) yang secara garis besar berisi implementasi/breackdown dari visi & misi IPMAFA. RIP merupakan rencana induk yang menjadi panduan struktur di bawahnya baik dalam penyusunan renstra atau program kerja. Renstra disusun dalam jangka waktu lima tahun dan di tuangkan dalam statuta, dalam renstra ada RKT (rencana kerja tahunan)/program kerja tahunan yang digunakan sebagai panduan kerja tahunan. Dalam penyusunan renstra hal-hal yang perlu diperhatikan di antaranya adalah analisis faktor eksternal di antaranya dari analisis pengguna lulusan maupun industri terkait. Kedua analisis perkembangan regulasi. Ketiga analisis faktor internal termasuk di dalamnya adalah pencapaian kinerja periode sebelumnya, termasuk analisis catatan assesor BAN/LAM. Evaluasi internal ini menjadi penting, termasuk membaca problem yang ada di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Problem ini kemudian dievaluasi dan dijadikan sebagai pijakan dalam membuat strategi.

Sebagai narasumber eksternal, Mumu Mubarok dalam workshop tersebut menyampaikan analisis eksternal sebagai pengguna alumni dan pelaku industri baik di perbankan syariah, lembaga amil zakat, maupun nadhir wakaf. Mumu Mubarok menegaskan bahwa meningkatkan kualitas pembelajaran melalui berbagai strategi perlu untuk dilakukan terutama dalam membekali para lulusan terkait dengan ilmu-ilmu berbasis skil, secagai contohnya adalah pemasaran, penguatan pemahaman syariah, serta kualitas layanan. Lebih lanjut Mumu Mubarok menjelaskan bahwa kebutuhan marketing di bank syariah, nadzir wakaf, pengelola zakat professional masih sangat dibutuhkan dan sangat minim di lapangan. Maka dari itu ini merupakan salah satu peluang bagi lulusan Prodi Perbankan Syariah dan Zakat Wakaf IPMAFA. Setelah penyempaian materi dari pihak eksternal, acara dilanjutkan dengan arahan dari LPM IPMAFA. Dalam materinya Imam Azroi menjelaskan berbagai konsep dasar tentang rencana strategi, indikator utama, indikator tunjangan serta lainnya yang digunakan sebagai panduan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam merumuskan rencana strategi sebagai tahap awal dalam penyusun program kerja fakultas dan program studi.

Setelah Sesi I pengarahan dan dialog interaktif selesai tepat jam 12.00 WIB, acara Workshop Renstra Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dilanjutkan dengan evaluasi renstra fakultas dan sinkronisasi program kerja program studi. Workshop ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap kualitas renstra dan program kerja fakultas dan program studi yang lebih baik.         

INFO PMB
Khabib Solihin (WA 082299523230)
Fira Nadliratul Afrida (WA 087733803051)