Pati, 27 Juni 2024 - Program Studi Perbankan Syariah IPMAFA bekerjasama dengan KPP Pratama Pati dan KPPN Pati sukses menyelenggarakan acara "Tax Goes To Campus" dengan tema "Sadar Pajak Bukti Peduli Pada Negeri". Kegiatan ini diikuti oleh 60 mahasiswa Prodi Perbankan Syariah dan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor 3 IPMAFA, Bapak Wakhrodi, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya edukasi perpajakan bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan literasi pajak. Menurutnya, acara ini mendukung penguatan materi pada mata kuliah perpajakan yang ada dalam kurikulum Prodi Perbankan Syariah, terutama pada semester 4. Beliau juga berharap kerjasama seperti ini dapat berlanjut dalam bidang lain, seperti pembuatan tax center di Prodi Perbankan Syariah IPMAFA. Tidak lupa, beliau menyampaikan terima kasih KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Pati dan KPPN (Kantor Pelayanan dan perbendaharaan Negara) Pati sebagai mitra penyelenggara dan sponsor utama dalam pelaksanaan kegiatan ini.


Selanjutnya, Kepala KPP Pratama Pati, Bapak Paulus Soetjipto Adi Dosoputro, memberikan sambutan dan materi perpajakan. Beliau mengapresiasi terselenggaranya acara ini dan berharap agar literasi, pengetahuan, serta kesadaran generasi muda, khususnya mahasiswa, terkait pajak dapat meningkat. Dalam materinya, beliau menjelaskan pentingnya pajak untuk membangun negara, dan bahwa kesadaran pajak harus dibangun oleh semua pihak agar kesejahteraan dapat terwujud melalui pendapatan negara yang nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentu berbagai program pemerintah.

Kepala KPPN Pati, Bapak Aris Saputro, kemudian memberikan materi terkait Optimalisasi APBN Lingkup Pembayaran KPPN Pati. Beliau menjelaskan tugas dari KPPN yang berbeda dengan KPP Pratama, yaitu menyalurkan anggaran untuk pembelanjaan negara. Menurutnya, kolaborasi antara KPP Pratama dan KPPN sangat penting karena kedua lembaga tersebut adalah penggalang dan pembelanja anggaran negara. Beliau menegaskan bahwa mahasiswa perlu memiliki pengetahuan terkait dua hal tersebut.



Setelah sambutan dan materi dari Kepala KPP Pratama dan KPPN Pati, acara dilanjutkan dengan edukasi Tax Goes To Campus oleh Agus dan Syifa dari KPP Pratama Pati. Mereka menjelaskan berbagai hal terkait jenis-jenis pajak, pembuatan NPWP, dan pelaporan pajak. Diskusi yang diadakan setelahnya menarik banyak pertanyaan dari mahasiswa seputar perbelanjaan negara dan pajak. Ini menjadi salah satu indikator bahwa apa yang diharapkan dalam tujuan acara ini dapat tercapai yakni meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang pajak dan APBN.

Di penghujung acara, panitia memberikan doorprize dan cinderamata kepada semua peserta. Tepat pukul 12.00 WIB, acara ditutup. Ketua Program Studi Perbankan Syariah Khabib Solihin berharap kerjasama seperti ini terus berlanjut guna meningkatkan literasi dan pengetahuan generasi muda, terutama mahasiswa Prodi Perbankan Syariah. (Khabib, Info PMB Prodi PS IPMAFA 082299523230)